We Lost in Jayagiri

Pagi itu aku harus bangun bagi, bukan untuk dinas ke jakarta.. bukan untuk menjemput adik yang lagi main ke bandung.. bukan pula nganterin ibu ke pasar, krn ibu ga ada di bandung.. haha

Ya!! pagi itu.. aku harus bangun pagi.. untuk persiapan hiking ke hutan Jayagiri..
Unit di kantorku, mengundang siapapun yang mau join jalan-jalan ke hutan Jayagiri di hari libur kemarinn…
kami merencanakan akan menyewa angkot untuk menuju Lembang, dari lembang jalan menuju pintu masuk Jayagiri.. jumlah peserta yang ikut berjumlah 29 orang, so, kami menyewa 3 angkot..
makan siang, disediakan oleh mba diena (sekretaris unit kami) dan dibantu oleh mr. Rori, yang akan menunggu di pintu parkir tangkuban perahu..

dan …
Kami lah ini, para pejuang dengan spirit Jayagiri:

The warrior

The warrior

Melati Jayagiri

Melati Jayagiri

Bangun pagi bagiku adalah perjuangan yang luar biasa..
Dan sebelum mengikuti hiking ini, hanya ada satu kata dalam otakku untuk hiking, yaitu capeekkkkkkkkkk…
aku harus sudah standby di kantor japati pukul 06:00! karena angkot sudah menunggu…
bangun jam 4, tapi dengan alasan “belum adzan”  aku pun kembali terlelap..
4:30 adzan, sholat subuh.. dan tidur lagi, dg alasan tidur “10 menit lagi deh”..
al hasil, bangun jam 5:30 sodara-sodara!!!
ngebuuttttt, layaknya motor cross, segala halangan dihadang tanpa ba.bi.bu.. Dan, akupun sampai di kantor japati, jam 06:00 sharp!!!! (wuhuuuiiiiii, I made it!) ;)

Dimanakah hutan Jayagiri????
kata Jayagiri seperti nya tidak asing di telinga kan?
Coba tanya mama, papa.. pasti tau deh..
(lagu nya Bimbo lhooo ternyata, -hasil googling, hahaha)

Melati dari Jayagiri
Kuterawang keindahan kenangan
Hari-hari lalu di mataku
Tatapan yang lembut dan penuh kasih …

Hutan jayagiri, terletak 12km dari cimahi dan 12km dari Bandung.. (kalau dari rumah saya, parompong, keknya hanya berjarak sekitar 8km saja.. :D :D )
Kami menuju pintu gerbang Jayagiri menggunakan angkot dari kantor jam 7 pagi.. Kami menyewa 3 angkot (untuk antar ke pintu masuk Jayagiri dan jemput di parkir kawah Ratu – Tangkuban Perahu). Dan kami sampai di pintu gerbang Jayagiri pukul 08:00..

Jayagiri Gate

Jayagiri Entrance Gate

seconds before enter, lets pose first ^,^

seconds before enter, lets pose first ^,^

Harga tiket hanya Rp. 5000 per orang, dan itupun kami tawar! wkwkkwkwkwk
Untuk 29 orang, kami hanya bayar Rp. 120.000. Kami pun berjajar rapi berjalan menyusuri jalan setapak.. pemandangan sekeliling hijau..
10 menit pertama, masih haha-hihi.. 10 menit kemudian, mulai keluhan-keluhan muncul.. jalanan mulai sedikit menanjakkk.. tapi masih seruuu, simpul senyum masih merekah di setiap sudut bibir dan pipi.. muka mulai memerah, tapi semangat tetap membara..

Fighting

Fight to find the right track

Dan track hiking pun mulai curam, mulai climbing kitaa!!!
Berbekal tali jemuran, kami saling tolong menolong.. :)) :))

Start Climbing

Start Climbing

Menurut referensi, lama yang harus ditempuh dari pintu gerbang Jayagiri hingga ke tangkuban perahu adalah sekitar 3jam.. Dalam perjalanan kami pun bertemu dengan beberapa kelompok yang sedang melakukan tafakur alam juga.. Dari anak-anak, remaja hingga bapak-bapak.. menikmati keindahan dan kebesaranNya… subhanallah..
1 jam telah berlalu, Alhamdulillah kami menemukan tanda kehidupan pertama.. ada warung, kita haha-hihi, makan pop mie dan gorengan..

Udara yang sangat segar..

Setelah dirasa cukup istirahat, kami melanjutkan perjalanan.. kemudian kami ketemu dengan warga sekitar, ada pertenakan kuda liar milik wakil gubernur lhooo.. owh.. reallly kewl.. :D :D *kudanya keliatan, ahhahahaha*
Setelah lama terpesona oleh senyuman kuda, lalu kita bak dibius oleh senyuman nya itu, tiba-tiba berada di sebuah persimpangan yang sangat menentukan nasib kami..
Semua tablet dikeluarkan untuk akses google map, mencari jalan mana yang harus ditempuh..
ke kanan, akan ketemu jalan raya..
ke kiri, jalur menuju kawah..
Kami memutuskan menuju kawah..

kembali kami ditemukan persimpangan dan kami memilih jalan yang kering (krn kami anggap lebih tampak sering dilewati orang)… jalanan pun mulai menanjak..
tibalah kami di persimpangan yang meningkatkan adrenalin para anak muda.. satu-satunya jalur dengan kemiringan 45 derajat, karena tidak ada jalur lain.. jalan yang lain itu buntu… :D

Kami pun melewati jalur dg kemiringan 45 derajat tersebut, sebenarnya lebih tampak sebagai jalur air.. :D :D
but.. it’s really adventure!! :D awesome…
climbing.. and climbing..
then ketemu persimpangan lagi.. 2, 5 jam sudah berlalu.. *melihat di googlemap kami masih setengah perjalanan.. wahahahhahaa
kemudian hingga kami tiba pada jalan setapak, ditepi lereng.. benar-benar lereng lohhh iniiii, merosotttt udah bye-bye ajaaaaaa.. jalannya cukup dilewati oleh 1 orang..

licin.. basah.. sepii. pinggir sudah jurang..
we’re on panic, sodaraaaa..
but still cool… B-)

setelah 30 menit berjalan di lereng, dengan perasaan penuh dengan ketakutan dan kekhawatiran..

Jalan di depan semakin sempit, hingga akhirnya ketua kelompok (pak dian rahayu -red) memutuskan untuk kembali ke jalan semula.. (pak Dian bilang ketemu polisi hutan, dan mengharuskan kita kembali ke jalur awal.. padahal ga ada polisi hutannnn.. T___T wkwkkwkwkwk)

kami kembali, tepat di persimpangan jalan dg kemiringan 45 derajat tadi..
kemudian 2 warrior Jayagiri merasa bertanggung jawab atas jalur yang telah dipilih (pak Hari dan sayf)  menyusuri jalan sesuai dengan insting masing2, dan akhirnya mereka bertemu di satu titik (di ketinggian 120m) :D :D
dannnnnnn, beliau berdua kembali lagi untuk menjemput kami.. syalalalalaa…
3,5 jam berlalu, tapi Alhamdulillah, setidaknya jalan keluarnya sudah mulai tampakk.. wahhahahaha

kami jalan terus.. naik.. climbing.. climbing..
bau belerang semakin kuat,.. membuat kami semakin semangat karean itu sebuah tanda kita sudah dekat dengan kawah!! (tujuan akhir kita!!)
4,5 jam berlalu, dannnnnn… yapppppp!!!! kami temukan bangungan… uhuiiiiiiii
milik ITB dengan tulisan “Pusat Penelitian Petir ITB”

EUREKAAAAAA!!!!!!

eforia berlebih..
kemudian kami temukan warung..

ada sign tepat di warung itu: kawah ratu lurus, kawah upas turun ke bawah..
30  menit menunggu rekan yang masih di belakang di warung sambil menikmati pop mie, hujan pun turun terharu akan keberhasilan kami… *wkwkkw
kemudian kami semua pun berkumpul kembali.. ujan mulai reda, hanya rintik-rintik..
kami kira kami sudah segera tiba di parkiran, ternyata salah..

jalanan masih turuunnn…
*kenapa tadi harus climbing, kalau sekarang harus turun lagi? wkwkkwkwkw

licinn.. curammm… suara angin tak kalah merdunya dengan ombak pantai selatan.. gemuruh riang mencekam.. membuat diri semakin paham, bahwa kebesaranNya sungguh luar biasa…

bau belerang semakin menyengat.. dan akhirnya kami sampai di puncak..
kami bisa melihat kawah Ratu dari atas…

angin yang sangat besarr.. kawah sesaat tertutup kabut.. kemudian angin berbaik hati menyapu kabut itu sehingga kami dapat menikmati keindahannya…
membayar segala keteguhan, semangat dan kelelahan kami..

jalanan semakin curammm..
tapi dengan semangat kelaparan dan ingin segera sampai .. ingin segera ketemu makanan dan mba diena + pak rori yang sudah standby dari jam 9 pagi menunggu kami, kami lanjutkan penuh semangatttttt.. :D :D

kami lewat pinggiran kawah ratu..
beberapa kali waktu, angin berbaik hati, memberikan harapan kepada kami dengan menyapu kabut sehingga kami bisa melihat mobil yang berjajar di parkiran kawah ratu..
membuat kami bahagia.. karena hampir 6 jam telah berlalu..

kami berjalan.. terus menyusuri batu yang terjal..
hanya akar yang dapat kami percaya untuk menopang kaki kami yang lelah dan sudah mati rasa tampaknyaa..
dan akhirnya..
7 jam berlalu.. kami pun sampai di parkiran.. bertemu mba Diena dan pak Rori.. senyum simpul keluar dari wajah khawatir mereka.. pak Rori sudah berinisiatif untuk menghubungi tim SAR karena kami tak kunjung datang.. kami menghabiskan waktu 7 jam untuk jalur yang biasanya dilalui oleh para hiking lovers 2,5-3jam.. wkwkwkwkkwk

Karena perut kami yang sudah tidak dapat diajak kompromi lagi..
tanpa ba..bi..bu.. celetukan-celetukan tanda kelaparan mulai muncul disetiap sudut bibir setiap insan yang kecapean ini.. :D :D

- makanannya mana Mba Dien?
– makan sekarnag aja yukkkk

kami makan..
meninggalkan teman-teman yang masih di belakang.. hahahaha

Menikmati Nasi Padang terenak seluruh duniaaa

Menikmati Nasi Padang terenak seluruh duniaaa

Setelah kami selesai makan, rombongan yang lain pun datang..
dan here we are..
we make it!!!

it’s awesome, dan very recommended adventure Pal!! :D :D

After the war..

After the war..

kalau dulu saya bilang “say no to hiking”,
now I say “Lets get lost, and hiking is very awesome..  I want more!! ” :D  :D :D

ALhamdulillah…

NB:
kami menunggu angkot yang menjemput kami lumayan lama, ternyata para sopir angkot dibisik-bisikin oleh petugas pintu masuk Jayagiri :

Ditunggu di sini aja Pak,
bentar lagi mereka juga balik kok, banyak yang balik arah karena tersesat..

#eaaaaaaaaaaaaa   wkwkwkwkkwk..
Jadi kami pake acara tersesat melewati tebing curam tadi karena doa penjaga pintu gerbang Jayagiri, hahahahaha.. :)) :))
Tp dari 2 rombongan yang kami temui tadi, yang kami temui di garis finish hanya rombongan para remaja.. rombongan bapak2 itu tak tampak, mgkin mereka balik ke pintu masuk Jayagiri.. :D

Tagged: ,

4 thoughts on “We Lost in Jayagiri

  1. Wita January 26, 2013 at 8:12 am Reply

    Sudah kuduga dia akan menulis ini,,, ftp photo lengkap dimana neniiii? Lmyn nampang di blog neni wkwkwk

    Belum ada di ftp Mbae, kemarin ini ngopi by flashdisk.. Hhahahaha..
    *demi keluar dr kewajiban kencleng :))

  2. Widya Asnur January 27, 2013 at 8:32 pm Reply

    mupeng[dot]com

  3. BUNGADZIKRILLAH (@cuunga) January 28, 2013 at 7:33 am Reply

    jadi pengeennn nyobaa >.<

  4. tehlely January 30, 2013 at 12:36 pm Reply

    Heroes gathering ke sini aja .. pemandunya Neni
    *dengan catatan : nga pake yang 7 jam

    keren tulisannya. serasa ikut perjalanannya
    eniwei bilangin sama bossnya kok aku nga diajak sih? *sedih

    Hayukkkkkkkkk, saya mau mengulangi.. Kita cari jalan baru!! Haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: