Perpanjang Passport

Flight No.
QZ 8234

Departure Date
02 Februari 2013

Mungkin sudah setengah tahun berlalu, aku sampai lupa kapan tepatnya aku booking tiket itu. Yang mengharuskanku hari ini berhenti sejenak dari kepenatan rutinitas kerja, untuk sekedar refreshing haha-hihi bersama suami dan sahabat.. Dan misi saat memesan tiket itu pun sebenernya sekaligus untuk membayar rasa penasaran 4tahun yang lalu karena ketinggalan pesawat …

Tepat 4 minggu sebelum keberangkatan, kuperhatikan surat ijin melintasi perbatasan negara yang aku miliki..
Owh Tuhan, tepat kurang dari 6 bulan.. Aku harus memperbaharui surat ini..

Membayangkan kantor pemerintahan yang disebut bagian imigrasi ini saja, membuat males makan..
Pasti menghabiskan kesabaran..kesabaran..kesabaran..dan waktu!

Niatan itupun aku ulur-ulur, sampai minggu ke-3 sebelum keberangkatan.. Hingga adrenalin mengisi sebagian bagian tubuh.. Trauma akan kejadian sebelumnya..

Akhirnya aku kalahkan kemalasanku, aku datang ke sana hari rabu pada waktu jam istirahat. Aku siapkan semua dokumen persyaratan sekaligus mental penolakan…
Jadi akupun berangkat ke kantor imigrasi dengan berbekal:
1. Kesabaran
2. Kesabaran
3. Passport lama + potokopi
4. KK asli dan potokopi
5. KTP asli dan potokopi
6. Ijazah/Akte Lahir asli dan potokopi
7. Surat keterangan bekerja
8. Materai 6000

Sesampai di sana, aku diwajibkan beli map kuning, mengisi formulir.. Kemudian mengambil nomor antrian..
Upsss, saya ditolak! Karena untuk menyerahkan formulir permohonan dalam map kuning hanya bisa dari jam 07:00 – 10:30 pagi..
Hihihihii…

Aku kembali hari berikutnya, ambil antrian.. Sampai jam 8:00 sudah mendapatkan nomor urut 90an..
Tetapi, tidak perlu menunggu terlalu lama.. Hanya setengah jam menunggu, nomor antrianku dipanggil..
Dilakukan pengecekan dokumen, acc, dan aku diperbolehkan pulang dengan membawa bekal nota bahwa aku harus kembali lagi 3 hari kemudian untu pembayaran dan foto passport..

3 hari kemudian aku kembali lagi ke kantor yang disebut kantor imigrasi ini, aku sengaja datang lebih pagi agar mendapatkan nomor antrian yang kecil..
Tapi ternyata mereka ada apel, sehingga aku baru diperbolehkan masuk pukul 08:00..
Antri mengular, akhirnya aku dapat nomor antrian ke-60an..
Menunggu hampir 1jam.. Mulai ga nyaman.. Ughh..
Tetapi akhirnya dipanggil juga oleh loket pembayaran. Pertama aku diminta memberikan nota yang diberikan 3 hari yang lalu. Lalu aku diminta duduk dulu, kemudian dipanggil namaku, untuk melakukan pembayaran. Hanya butuh Rp. 255.000 saja.
Setelah membayar aku diminta kembali duduk, tidak lama kemudian dipanggil lagi untuk membawa bukti bayar untuk masuk ke ruang poto..
Tak sampai 5 menit, kemudian giliranku foto tiba.. Setelah foto aku antri untuk wawancara.. Tandatangan passport dan selesai!
Aku dikasih lgi nota untuk datang 3 hari kemudian untuk mengambil passport!
Proses kedua ini hanya butuh waktu atri 1jam saja…

Pada hari pengambilan, aku ada acara kantor yang ga bisa ditinggal, so aku ambil di hari kerja berikutnya…
Aku datang jam 8 kurang, mendapat nomor antrian 60an..
Setelah mengambil nomor antrian, aku duduk di tempat tunggu..
15 menit berlalu, nomor antrian tak beranjak dari angka 1..
30 menit berlalu dan nomor antrian di televisi masih menunjukkan angka 1… Wowwwww…
Tak sabar aku dengan semua ini, aku datang ke petugas dan bertanya..
Ughhh, ternyata khusus bagian pengambilan passport ini, sistemnya tdk urut sesuai nomor antrian sistem.. Tapi urut sesuai dengan penyerahan nomor antrian mesin dan nota bukti pengambilan passport..
Ughhh, 30 menit ku buang dengan sia-sia atas ketidaktahuan dan tidak ingin tahuan.. :(
Setelah antri 30 menit, akupun dipanggil untuk tandatangan tanda terima pengambilan dan karena aku inginkak passport lama untuk diambil, aku harus tandatangan form khusus pengambilan passport lama di atas materai 6000. So, ketika perpanjang passport dan ingin passport lama nya diambil lagi, jangan lupa bawa materai 6rb !! :)
Daaannnn, akhirnya.. dengan senyuman lebar membawa passport baru dan passport lama ku yang telah digunting…

OK then, kini saatnya menikmati liburan.. Enjoy the leisure time..
Bismillah, semoga lancar…

Tagged: , ,

One thought on “Perpanjang Passport

  1. Widya Asnur February 1, 2013 at 10:58 pm Reply

    mau kemana nenoooooo ????

    Pergi ke desa yang bernama Pietnam, gyahahaha.. :))

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

