Yes finally, here we are!

HoChiMinh City

Finally, aku bisa berkunjung ke negara yang pernah aku idam-idamkan kala itu. Suatu negara yang pernah masuk dalam mimpi, karena angan bentuk sebuah negara lain bagi seorang anak adam yang belum pernah menginjakkan kaki nya selain di ibu pertiwi nya.. (* :D )

Vietnam, sebuah negara yang merdeka 10 tahun setelah Indonesia merdeka. Sebagai warga negara yang negaranya harusnya 10 tahun lebih “matang” (Indonesia), sepertinya aku harus miris dan sedih. Karena kota besar di negaraku tak sebersih di HoChiminh. Walaupun HoChiMinh sama sewrawutnya untuk masalah lalu-lintas, tapi kota ini lebih tertata rapi, pedestrian lebar. Memudahkan bagi kita untuk jalan kaki..

Aku tidak akan berkomentar banyak terkait tata kota nya, karena aku bukan expert akan hal itu. Dan aku pun tak akan berkomentar banyak terkait dengan pemerintahannya, karena aku sangat awam akan politik dan pemerintahan. But, pendapat orang awam ini secara overall, kota ini lebih rapi dan indah daripada Jakarta. that’s it…

3 hari 3 malam di HoChiMinh aku rasa sudah lebih dari cukup, karena selain pemandangan kota dan bangunan historical, ga ada wisata yang lebih menarik lagi untuk dikunjungi. So, bagi yang menyukai alam, pantai, menyukai gunung. It’s not your the place.. Tapi bagi pecinta city tour, museum, sejarah.. ya, this is yours..  ;)

Di Vietnam masih berlaku 2 jenis mata uang, yaitu Vietnam Dong dan US Dollar. Kami, aku, suami dan 2 temanku, sepakat membawa dollar US saja. Karena menurut referensi, dengan membawa dollar akan menjadi lebih irit. Dan itu benar.. :D
Kami menukar uang dollar kami di bandara, kami menukar $200 saja untuk kami ber-4. $1 = 20.850 – tax 1%.. :(

Cukup dengan berbekal 2,5jt saja:
- Tiket PP : 1,3jt
- Hotel 700rb – 1,1jt untuk 3 malam (berdua)
- Akomodasi dll : 600rb – 700rb

Cu Chi Tunnel

Hari pertama,
kami pergi ke Cu Chi Tunnel jam 8 pagi dengan tour travel (@100rb VND). Tour the tunnel selesai jam 12, dan butuh waktu sekitar 2 jam untuk kembali ke kota. Sekitar jam 2pm ke War Remnants Museum (@15rb VND). Setelah berputar-putar lama di museum, ternyata waktu sudah memasuki waktu Ashar. Sehingga kita memutuskan untuk sholat di sekitar museum. Aku sholat di depan museum, dan ternyata dilarang, satpam museum menghampiri dan aku ga sadar. hehe..

Akhirnya teman-teman yang lain sholat di belakang tank, pesawat air force one yang tertutup. Kami pun kelaparan, kami berjalan nyasar-nyasar untuk mencari makanan halal dan Alhamdulillah kami temukan jalan yang kami cari Deng Du (pusat makanan halal) dan melanjutkan makan sore menjelang malam di d’Nyonya Penang (all set -3 menu- 649rb VND). Ternyata di sebelah restorang d’Nyonya Penang ada masjid besar, Subhanallah.. kemudian dengan sedikit berlari-lari kami mencari jalan menuju temapt Watter Puppet Show (@150rb VND), karena kami sudah memesan show pada pukul jam 6:30pm. Dari keseluruhan tour, biaya yang paling mahal yang kami keluarkan adalah biaya makan. Karena kami mencari makanan halal. Dan harganya, bagi turis backpacker seperti kami cukup menguras kantong. hiks..
Tapi recommended, pas di lidah orang indonesia.. :)
Kami pulang ke hotel pukul 8:30pm..

Hari kedua,
karena kecapekan di hari pertama, hari kedua kami putuskan untuk city tour. kami mulai jalan jam 11 siang. panas.. tujuan pertama kami adalah pasar Ben Tanh Market. Hanya dengan berbekal sepotong peta dari flyer water puppet show kami jalan berputar-putar untuk menemukan Ben Tanh Market, yang ternyata sangat dekat dengan hotel kami yang berada di jl. Bui Vien.
Ternyata pasar ini tidak begitu besar, sehingga kami hanya butuh waktu sebentar untuk berkeliling mencari sesuatu yang bisa menjadi cindera mata (baca: key chain, magnet. wkwkwkkw)
magnet sekitar 10-12rb VND, key chain 7500 VND :D :D murah meriah..

Ben Tanh Market

Lalu kami lanjut makan siang di Halal @Saigon, Deng Du Street, sekalian sholat di masjid. Tapi harga di Halal @saigon (all set – 2menu- 476000 VND) lebih mahal drpd d’Nyonya Penang. Dan porsinya lebih sedikit, hahahaha :D :D
Setelah makan, kita lanjut untuk menonton show wayang orang Vietnam. Tapi sayang, ternyata tidak ada show hingga the next week. Karena di Vietnam sedang New Lunar Year, semua orang harus mudik ke kampung halamannya.. So, kita putuskan balik ke hotel malam itu, menyusuri jalan yang lain..
Sebelum sampai hotel, kami pun menyempatkan mampir ke Trung Nguyen Coffee..
pahiiittt.. (as mba Esti blog).. wkwkwkwkwk..

Hari ketiga,
Uang Dong kami habis, dan awalnya kami tidak akan membeli Dong. Karena hari ini kami akan pulang.
Oleh karena itu, kami memutuskan untuk city tour saja ke Art museum, Saigon Notre-Dame Cathedral, post office, reunification museum (ternyata harus bayar, karena dong kami habis so kami cuma lihat dari depan, wkwkwk)..
Setelah jalan jauh dan dipikir-pikir ini terlalu ngirit. hahahahaha (backpacker nanggung). Jadi kami menukar $30 dollar lagi untuk makan dan membeli tambahan oleh-oleh.. Ternyata rate di jalan besar dekat Deng Du lebih tinggi dan non-tax..
so, kami berpesta.. makan di d’Nyonya Penang lagi (all set 461000 VND). Lanjut sholat, dan kami istirahat sejenak di masjid untuk kemudian kembali ke hotel karena kami sudah memesan taxi untuk jam 6pm ke bandara..

Alhamdulillah penerbangan lancar, kami sampai Soetta pukul 11:30pm. Dan malam itu pun, aku mendapat kabar besok harus test online psikometri, wkwkwkwkw
Aku sampai bandung jam 4 pagi, ngantuk.. masuk kantor jam 10… dan harus test.. weewww..wewww…weeewww.. mendadak sekali pengumumannya.. untung udah balik dari melancong.. :D :D
dan hari esoknya aku harus wawancara..

Syukur Alhamdulillah, semuanya lancar..

Sooooooo,
Which place is for the next trip?? :D :D :D

Tagged: , ,

3 thoughts on “Yes finally, here we are!

1. Widya Asnur February 9, 2013 at 12:32 pm Reply

Mupeeenggg …
    Next destination nih ^_^

2. tari February 14, 2013 at 2:30 pm Reply

ikut dunk…

3. katashinta February 15, 2013 at 9:13 pm Reply

aaaah… asik sekali, mbaaaaa ^^
    sy pengen jd travel writer, tp lagi ngumpulin modal buat jalan2nya :D wkwkwkwkwk…