Waktu

1. Demi masa.

2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

[Qalam Allah: QS Al-‘Ashr]

time-warp

Penghujung tahun segera tiba, dan tahun baru mulai menampakkan gemulai kecantikannya serta pintu-pintu probabilitas nya yang tertutup oleh kabut mulai samar tampak di depan mata.. pintu mana yang akan aku lalui, pintu mana yang terbaik? layaknya laporan akhir tahun unit yang aku harus buat, yaitu aku harus membuka kembali rencana kerja selama tahun ini, membaca dokumen laporan per triwulan, untuk mengetahui program mana yang sudah close dan menentukan program mana yang harus di carry over ke tahun depan.. lalu, aku pun membuka proposal hidup saya yang pernah saya tulis untuk Tuhan pada tahun 2012 ini..

tercengang..
banyak yang tidak pernah dimulai..
lalu apa yang harus aku lakukan dengan proposal ku kepada Tuhan untuk tahun 2012 ini, masih sangat banyak yang belum aku usahakan semaksimal kemampuan ku..
Ternyata, aku melupakan begitu saja list rencana yang tercantum proposal yang aku bikin dengan menggebu2 di awal tahun..

Lalu, haruskah saya meng-carry over semua di tahun yang baru..
atau memilah-milah dan membiarkan beberapa rencana terkubur sebagai program gagal di tahun ini? (hehe.., I did it many-many times before)😦

Tuhan telah memberi jalan beberapa kali, tapi ternyata aku seorang pecundang yang terus sembunyi dibalik rutinitas kerja ..
Sehingga banyak rencana dalam proposal hidup ku yang terbengkalai.. ughhhh… X_X

OK, let’s check few main project di 2012:

  1. Nikah : done (Alhamdulillah)
  2. Hapal juz 30 : not accomplished (ga nambah2, dan selalu kompromi untuk tidak menghapal di waktu yang ditentukan T__T)
  3. Khatam setahun lebih dari 2 sekali : not accomplished, T__T
  4. Test international IELTS : not accomplished (never try, even once, msh ga PD takut ga sesuai dengan target)
  5. Punya sertifikasi di bidang IT : done (Alhamdulillah, wlpn hanya J2SE)
  6. Rajin menulis setiap trouble shooting yang dilakukan : not accomplished (masih angin2an)
  7. Punya side job (baca usaha): not accomplished (cuma bertahan beberapa bulan)
  8. Dapet beasiswa : not accomplished, point no. 5 nya blom dilakukan
  9. Belajar nyetir : not accomplished (never try, even once )
  10. Berhenti travelling ke LN: not accomplished *masih tergoda dengan tiket2 promo*😀
  11. Memasak sarapan dan bawa bekal makan siang: not accomplished (ga sempaaatttt)
  12. Berangkat dan pulang kantor tepat waktu : not accomplished (kesiangan dan merasa lebih produktif di kantor)
  13. Training public speaking : not accomplished
  14. Rumah: done (Alhamdulillah)

wahhhh, ternyata memang aku banyak mau nya yaaaa.. tapi cuma berpusing di pikiran aja..
realisasi nya NOL..  *wakssss* ckckckckckck…

Setelah merenung, sebenarnya akar permasalahannya adalah aku susah sekali berkompromi dengan waktu yang dalam 1 hari yang berjumlah 24 jam,
aku merasa kurang dan kurang..
aku yang egois dan menganggap sang waktu “sekedar” waktu..
aku tidak bisa memanage waktu yang aku punya dengan optimal..

Wahai sang waktu, berbaiklah padaku yang sangat lemah ketika harus berkompromi dengan mu..

Sebenernya aku paham, waktu adalah the precious one yg diberikan olehNya
Tapi aku dan waktu belum satu jiwa.. frekuensi nya masih belum sama..
Dan aku masih dalam tahap berusaha seirama dengan nya..

So, move on atau pundung??😀
menghapus semua rencana2 yg tertuang dalam proposal ituuu?? BIG NO.. show must go on.. (kayak di pilm Habibie-Ainun)

Hidup adalah perjuangan…
Life is never ending learning…

Harus terus semangat untuk lebih menghargai dan memanage waktuu..
Jadi teringat quote dari novel 5cm:

Taruhlah mimpi2mu itu 5cm di depan kening kamu, agar kamu selalu ingat

maka solusinya sepertinya emang harus aku taruh lembaran proposal itu 5cm di depan keningku, agar aku selalu bisa melihat nya, mengingat, dan kemudian bisa aku selesaikan satu per satu..
for the rest, serahkan keputusannya kepada yang Maha Pemberi Keputusan terbaik..

Tagged:

Leave a Reply

